Novia Elga Rizqiya

Guru muda biasa yang senang menulis dan membaca....

Selengkapnya
Navigasi Web

Ngaji Filsafat - Kurangi Keterikatan

Dalam hidup, kita memang tidak bisa jauh dari keterikatan. Memutuskan untuk terikat akan berdampak pada memutuskan diri untuk merasa memiliki. Sehingga, jika tidak adanya apa yang kita miliki jiwa kita akan merasakan kurang dan sedih. Contoh, terikat dengan handphone. Kita merasa sangat membutuhkannya. Kalau tidak ada, jadi merasa ada yang kurang. Apalagi kalau hilang, kita merasa sangat kebingungan. Handphone memunculkan keterikatan. Tidak hanya itu, contoh lain juga bisa dari benda hidup. Oiya, kekasih. Terikat dengan seseorang yang kita cintai akan sangat melelahkan. Tidak berkomunikasi sehari saja terasa ada yang hilang dalam hidup kita. Padahal, seharusnya tidak demikian.

Mengurangi keterikatan adalah solusi. Jangan sampai, dengan adanya keterikatan membuat kita menjadi tidak bisa hidup normal. Jangan sampai, dengan adanya keterikatan membuat kita tidak dapat hidup bahagia. Percayalah, bahwa menggantungkan diri pada hal lain selain Allah itu tidak akan memiliki faedah apapun selain keterikatan. Mari perlahan kita sadari bahwa segala sesuatu yang ada di bumi ini tidak lain adalah sementara dan tidak sepenuhnya dapat kita miliki.

Kurangi keterikatan, mari lebih bijak dalam hal keduniawian.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Iya memang bener tu,saya juga sering ketergantungan. Akibatnya sekarang susah.

03 Jul
Balas

Iya bu saya juga sama. Sedang berusaha untuk tidak terlalu terikat. Hehehe

03 Jul



search

New Post